Rabu, 17 November 2010

Pengguna Smartphone Semakin Diincar Penipu

Para penjahat dunia maya kini mulai menargetkan para pengguna smartphone. Bahkan satu dari 100 pengguna smartphone telah menjadi korban penipuan SMS.

Dilansir melalui Telegraph, Senin (8/11/2010), perusahaan keamanan mobile, AdaptiveMobile, memprediksi email spam telah berhasil mengelabui satu dari satu juta pengguna mobile internet. Penjahat cyber membujuk para pengguna smartphone untuk mengunjungi situs 'berbahaya' yang diiklankan.

Tingkat konversi spam mobile rata-rata lebih tinggi sekira satu persen. Bahkan satu serangan spam SMS dapat menghasilkan lebih dari USD10 juta hanya dalam kurun tiga hari.

Jenis penipuan yang ditemukan AdaptiveMobile termasuk di antaranya adalah serangan yang mengeksploitasi kemampuan smartphone untuk dapat terhubung ke internet. Hasil dari eksploitasi itu disebut click fraud, aksi kejahatan yang melibatkan iklan internet untuk menyebar virus di ponsel.

Penipuan SMS yang paling sering ditemui adalah pesan yang mengklaim pengguna smartphone telah berhasil memenangkan hadiah. Walhasil, pengguna smartphone akan diperintahkan untuk membalas pesan melalui nomor telepon premium atau teks sms.

"Selagi spammer mencari cara untuk menghindari biaya pengiriman SMS bulk, hambatan tradisional untuk menerima spam di ponsel telah dihapus," ujar Simeon Coney, VP Business Development AdaptiveMobile.

"Ponsel merupakan perangkat yang cukup personal dan semua orang pasti akan lebih mempercayai komunikasi yang berlangsung melalui handset mereka, ketimbang konten di inbox email. Sementara operator mobile melawan kriminal pada tingkat jaringan, pengguna juga harus memainkan peran mereka jika ingin tetap aman dalam dunia yang semakin mobile," ujar Coney. (srn)(sumber: okezone)

Romeltea Media
Panamedia : my life and future Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

1 komentar so far. What are your thoughts?

  1. Terimakasih atas informasi yang sudah diberikan.Semoga memberikan manfaat untuk kita dalam memilih smart phone.Dan menambah informasi seputar kejahatan dalam dunia smart phone.
    BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum, boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja. Keterangan lengkap ada di websitenya, :)

    BalasHapus

 
back to top