Senin, 11 Oktober 2010

Delman Tak Lekang Dimakan Zaman





http://www.metrotvnews.com/image.php?image=bank_video/newsvideo/video_thumb/114789_1.jpg&w=80&h=59Metrotvnews.com, Jakarta: Moda transportasi boleh saja terus berkembang dengan beragam inovasi. Namun jangan lupakan delman. Alat transportasi yang satu ini tidak lekang dimakan zaman. Dahulu delman sempat menjadi moda transportasi favorit masyarakat.

Keberadaannya Delman di Jakarta memang makin berkurang. Namun kendaraan klasik ini tetap masih dapat kita lihat. Di Cipulir, Jakarta Selatan, puluhan delman masih digunakan masyarakat sekitar untuk berkegiatan. Meki demikian, jumlah delman yang beroperasi hanya 15. 

Seorang penarik delman, Kunen mengaku, sudah 36 tahun menarik delman. Meski anak-anaknya sudah melarang, ia tetap mencintai profesinya. Baginya menarik delman membuatnya awet muda.
"Setiap hari saya bisa tertawa dan melihat orang yang berbeda," ungkap Kunen.

Kunen menuturkan, hanya kuda jantan berusia 4 tahun yang dipilih untuk menarik delman. "Agar terlihat menarik dan gagah, kuda dipasangi aksesori," jelas dia.

Menurut dia, sistem operasi di wilayah ini tidak bisa dibatasi. Ada yang bisa menarik seharian, ada yang hanya 4 jam. Selain tidak mengganggu, keberadaan delman di tengah padatnya ibu kota seharusnya dapat dilestarikan.
"Kita harus melestarikan keberadaan delman agar tidak punah," tegas Kunen.(**)(sumber: metrotvnews)

Romeltea Media
Panamedia : my life and future Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

1 komentar so far. What are your thoughts?

  1. aku senang banget naik delman. kapan lagi ya ada kesempatan? (walah, sok sibuk aku hihi)

    BalasHapus

 
back to top